Perjalanan Ibadah Haji

11/12/2013 13:11

Tanggal 30 September 2013, jam 14.00, rombongan kami yang masuk dalam Kloter 52 SOC, berangkat dari Semarang menuju embarkasi Solo. MUlailah perjalanan ibadah yang total kami. Total karena terikat pada waktu, biaya, gerakan fisik dan doa. beda dengan ibadah yg lain.

Setelah menginap semalam di asrama haji Donohudan, Selasa, 1 Oktober jam23.30 WIB, KLoter kami mulai berangkat dari Bandara Adisumarmo. Sebuah penerbangan yang cukup panjang bagiku, 10 jam di atas pesawat terbang. Selama ini paling lama saya naik pesawat sekitar 1 jam saja.

Akhirnya pada Rabu pagi sekitar jam 8.00 Waktu KSA sampailah kami di King ABdul Aziz Airport, Jeddaah. Setelah pemeriksaan dokumen imigrasi, transit di bandara, Mulai ikhrom bagi yang belum, lalu kami dibawa dengan bis menuju pemondokan di Kota Makkah. Sampai di Makkah masuk Pemondokan sekitar jam 12.00 siang, istirahat. Kami tinggal di daerah Bakhutmah. Sekitar 2.5 km dari Masjidil Haram.Kemudian malam harinya kami semua melaksanakan ibadah umroh wajib.

selanjutnya menunggu waktu saat hari wukuf, tanggal 9 Dzulhijjah yang masih menunggu sepuluh hari lagi. Kegiatan kami isi dengan sholat berjamaah di masjidil haram. Menurut hadits nabi shalat di sini lebih mulia 100.000 kali dibanding di masjid lain. Meskipin jarak cukup jauh, namun disediakan bis untuk melayani jamaah. Jamaah tanpa membayar akan diantar ke majidil Haram. Bis pun khusu untuk jamaah negara Indonesia.